Sunday, March 1, 2015

5 Tips Nyontek saat UTS/UAS



Hai gaes ! Sebentar lagi sekolah saya akan UTS. Tepatnya tanggal 5 Maret 2015 (kalau tidak salah). Mungkin sekolah kalian juga akan UTS. Atau mungkin sudah selesai UTS nya. Kali ini saya sedang tidak beres, makanya saya membagikan tips sesat nyonyek saat UTS.

Sebelum saya memberikan tips sesat ini, perlu diketahui bahwa tips ini hanya dikhususkan bagi mereka yang suka nyontek. Yang tidak suka nyontek saat ulangan, diharapkan tidak membaca. Karena jika Anda membaca, Anda akan tersesat. Karena ini adalah tips yang amat sangat sesat yang mendalam, wkwk. 

Baiklah sebelum kita mencontek, lebih baik kita kerjakan dulu semampu kita. Pertama berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran, lalu kerjakan sebisa Anda. Nah, setelah Anda mengerjakan semuanya, pasti ada beberapa soal yang tidak bisa dikerjakan. Ya kan wajar, kita hanya manusia tidak ada yang sempurna. Meskipun kita sudah belajar mati - matian, keringat dan darah bercucuran, rambut sampai botak dan berwarna pink, pasti ada soal yang (mungkin) tidak bisa kita kerjakan. Karena lupa atau bisa juga rumus nya jatuh di jalan.

Saat inilah kita perlu mencontek. Kegiatan mencontek ini berlandasan dari pasal :
1. Bahwa manusia tidak ada yang sempurna
2. Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain (makhluk sosial)
3. Meningkatkan solidaritas antar sesama

Jadi,  tips nyontek yang akan saya bagikan kali ini berhubungan dengan kerjasama antar sesama. Bukan membawa primbon (buku) atau handphone (untuk browsing cari jawaban). Bukan yang itu.
Baiklah, inilah 5 Tips Nyontek saat UTS !

Tips ini juga bisa digunakan saat UAS, Ulangan Harian, dll. :D

1. Tanya langsung

Tips kali ini berlaku jika pengawas kalian baik hati, tidak sombong, cinta alam dan kasih sayang semua manusia. Atau istilahnya bukan pengawas killer. Ada juga pengawas yang bilang seperti ini, "Boleh nyontek, tapi jangan ramai". Itu adalah peluang yang sangat besar. 4 dari 5 orang berhasil mencontek saat ada pengawas seperti ini. 4 orang itu teman saya dan sisanya adalah saya sendiri. Kenapa gagal ? Karena saya mencontek sambil teriak teriak layaknya seorang Tarzan. Auo...uo....
 So, tanya ke teman kalian yang bisa menjawab soal itu. Tengok ke kanan, kiri, depan, belakang. Atau tengok ke atas jika teman kalian ada yang berada di atas genteng. Pakai kode untuk memudahkan kalian dalam mencontek. Kalian harus berunding dulu apa kodenya. Contohnya, jika teman kalian memberi kode dengan goyang dumang, itu artinya jawabannya adalah A. Jika teman kalian memberi kode sambil ngupil, itu berarti jawabannya adalah B. Dan seterusnya.

2. Pakai kertas

Bawa kertas dari rumah sebanyak - banyaknya. Gunakan untuk mencari jawaban sejelas - jelasnya. Kalian tulis di kertas soal mana yang tidak bisa. Misalnya, tulis seperti ini, "Woy, nomor 1 sampe selesai apa?". Setelah itu lipat kertas jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Lalu lemparkan ke teman kalian yang bisa menjawab. Untuk mengantasipasi jika pengawas tahu saat kamu melemper kertas, bilang saja, "Lagi latihan bulu tangkis Bu, soalnya nanti sepulang sekolah ada lomba tingkat RT." Ini juga berlaku untuk pengawas yang tidak terlalu killer.

3. Modus agar pengawas ke-GRan

Misalnya pengawas kalian killer, coba rayu dia. Contohnya seperti ini, "Wah, Ibu cantik sekali hari ini. Saking cantiknya, itu bedak tebalnya sampe 10 cm". Guru yang terkena bujuk rayuan seperti ini, akan merasa ke-GRan. Dia akan ambil kaca dan melihat wajahnya yang ditutupi oleh abu vulkanik itu. Eh, bedak maksudnya. Dia akan dandan terus, hingga dia lupa dengan tugasnya jadi pengawas. Kesempatan itu bisa digunakan untuk nyontek ke teman kalian.

4. Modus agar pengawas keluar

Agar ruangan kalian tidak dijaga oleh pengawas, harus ada bujukan agar dia keluar dari ruangan. Saya beri contoh, "Pak, lihat diluar ada Dinosaurus lewat." Setelah kalian berkata seperti itu, maka pengawas akan keluar dan mengecek kebenaran perkataan kalian. Nah, saat keluar, gunakan kesempatan itu untuk mencontek. Jika pengawas sudah kembali, dan dia tahu kalau kamu bohong, siap - siap kepala kalian di jitak oleh pengawas. Untuk menghindari benjolan di kepala karena jitakan pengawas, sebaiknya gunakan helm yang Standar Nasional Indonesia. So, saya sarankan sebaiknya gunakanlah helm saat ulangan.

5. Ke kamar mandi

Tips ini adalah tips yang paling ampuh. Tidak akan diketahui oleh pengawas. Kamu bawa lembar jawaban ke kamar mandi. Selanjutnya suruh teman yang bisa menjawab soal itu, untuk menyusul ke kamar mandi sambil membawa lembar jawabnya. Nah, di kamar mandi itu terjadi proses contek-mencontek. Pantesan di kamar mandi banyak jin penunggu, karena disanalah tempat untuk melakukan perbuatan hina itu, wkwk.

Itulah tips sesat dari saya. Tips ini saya buat hanya sebagai hiburan semata. Tidak berniat menjerumuskan pembaca ke dalam dunia contek-menyontek, haha.

Tapi perlu diketahui, bahwa menyontek adalah perbuatan yang hina. Setelah meihat gambar ini saya merasa miris :

dari kaskus.co.id
Berarti mencontek adalah awal dari korupsi. Bagi para generasi muda, harusnya kita tanamkan kejujuran pada diri kita. Ada kok teman saya yang sudah menanamkan kejujuran pada dirinya sendiri. Dia tidak pernah nyontek sekali pun. Karena dia sadar jujur lebih mulia.

Tapi, biasanya mencontek itu dikarenakan tidak mau mendapatkan nilai jelek. Kalian pilih yang mana, nilai jelek tapi jujur, atau nilai bagus tapi hasil mencontek. Kalau kalian terlalu sayang dengan NILAI, mungkin kalian akan lebih memilih mencontek daripada kejujuran.

Yah, pokonya kalian pikir  pikir dulu sebelum mencontek. Lebih baik Anda kerjakan sebisa Anda. Daripada melakukan tips sesat yang saya buat ini, wkwk.

Baiklah, sekian dari saya.

16 comments:

  1. Sayang sekali, UTS di sekolah gue isian, bukan pilihan ganda. Mana isi paket pula ):

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. di sekolah saya sebenarnya juga isian, bukan pilgan.
      Kita terima saja dg hati ikhlas.wkwk

      Delete
  2. Kalau utk isian, lbh baik pakek hp aja ya mbak,
    Hadeeehhhh...
    Bissa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah pake hp mbak, lebih baik kerjasama saja. Atau lebih baik lagi tdk usah nyontek.wkwk

      Delete
  3. menyontek itu dosa....
    tapi kalau sekali-kali sih nggak apa-apa, manusiawi kok :)
    gue pernah ketahuan nyontek dari hape. dan saat itu juga nyawa gue hampir melayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju dg anda, wkwk
      untung kamu masih hidup sampe sekarang, haha

      Delete
  4. Hehe...tips nyontek udah gak berlaku lagi buat saya...
    jangan nyontek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang saja, tips ini hanya lelucon yg tidak lucu, wkwk. Jangan terlalu serius bacanya .haha

      Delete
  5. Replies
    1. itu tujuan sebenarnya dr post ini, membuat orang ngakak. terima kasih sudah ngakak wkwk. silahkan ngakak disini gratis, tanpa dipungut biaya, haha 😄

      Delete
  6. hahaha ke wc memang cara paling ampuh mbak,terus pengawas ngikutin,jadinya gimana :v
    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu sih resiko, wkwk. tapi gak mungkin kalo pengawas ngikutin, kan dia lagi jaga ruangan.
      oke, salam kenal juga

      Delete
  7. hahahaha kknya ngajarin untuk menyontek nii wkwkwk aku setuju tu kak tapi tergantung pengawasnya juga kan ? apalgi double sama CCTV kaya sekolah aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo double CCTV harus lebih hati hati, wkwk.
      kalo di sekolah aku belum ada cctv, dan mudah mudahan tidak diberi cctv hahah

      Delete
  8. ckckck
    modusin pengawas...

    kalau pengawasnya cowok gimana tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. err...kalo pengawasnya cowo ya modusin aja. kan bisa ,wkk

      Delete