Friday, November 27, 2015

Sleep paralysis

Beberapa hari yang lalu saat saya tidur mengalami hal aneh. Saat bangun tubuh tidak bisa digerakkan seperti lumpuh, juga  tidak bisa berteriak. Apalagi saat mengalami hal ini seperti melihat bayang - bayang hitam. Ini bukan kejadian pertama.. Sudah berulang kali saya mengalami hal semacam ini. Terkadang sosok yang muncul adalah seperti makhluk. Entah itu makhluk halus atau makhluk kasar saya juga tidak tahu.

Kata orang di daerah saya, peristiwa ini namanya "lindihen". Dan orang orang menyangkut pautkan kejadian ini dengan hal mistis. Orang - orang beranggapan bahwa lindihen itu terjadi karena ketindihan oleh makhluk halus. Jadi, badan menjadi lumpuh.

Tapi, saya heran. Kalau benar ini ulah makhluk halus, saat mengalami hal ini, saya mencoba membaca ayat ayat suci Al Qur'an. Tapi tetap saja, saya tetap lindihen. Saya juga punya firasat, apakah makhluk halus yang menindihi saya ini sudah masuk islam ? Atau jangan - jangan makhluk halus ini jin dari Mekkah ? 

Akibat lindihen beberapa hari yang lalu, saya semakin takut. Karena sudah kesekian kalinya saya mengalami lindihen ini. Saya berfikir bagaimana caranya agar bisa terhindar dari lindihen. Malam selanjutnya, agar tidak terjadi lindihen lagi, saya mengantisipasi dengan meletakkan Al Quran disamping saya. Konyol memang. Dan alhamdulillah tidak lindihen lagi.

Dan malam selanjutnya lagi, saya suruh mama untuk menemani. Yoi, saya emang cemen. Penakut banget. Bahkan dari dulu sampai sekarang, mau ke kamar mandi masih dianterin. Iya sih, badannya udah gede, tapi sifatnya masih kayak balita umur 3 bulan -_____-

Dan saat mama menemani tidur, alhamdulillah tidak terjadi lindihen lagi. Tapi, saya penasaran apakah ini ulah dari makhluk halus atau hanya mimpi ? Akhirnya saya cari di internet. Sudah ada yang melakukan penelitian tentang fenomena tidur yang satu ini. Nama ilmiah dari lindihen adalah sleep paralysis. Berikut penjelasannya !

Apa sleep paralysis ?


Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

fenomena sleep paralysis

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).
 

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah
 sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Apa penyebabnya ?

1. Kurang tidur
Misalnya pada status siswa atau mahasiswa yang belajar hingga larut malam. Jadwal tidur yang berubah-ubah, misal jet-lag.

2. Kondisi mental
Kondisi seperti stres dan seseorang yang mengalami schizophrenia dengan gangguan berat pada sleep nocturnal.

3. Sleeping on the back
Tidur dengan posisi terlentang dapat menyebabkan tingginya angka kejadian sleep paralysis. Beberapa jurnal menyebutkan bahwa posisi tidur menjadi salah satu alasan sleep paralysis terjadi.

4. Masalah tidur lainnya
Kejadian tidur seperti narkolepsi dan kram pada kaki di malam hari dapat mengganggu tidur tahap REM dan berkontribusi terhadap timbulnya sleep paralysis.

5. Penggunaan beberapa obat
Obat-obatan yang menyebabkan sleep paralysis adalah obat-obatan yang dapat mengganggu pola tidur seseorang seperti diuretic.

6. Penyalahgunaan zat kimia
Seseorang yang minum alkohol dapat mudah terserang sleep paralysis. 

Apa yang bisa dilakukan saat sleep paralysis terjadi ?

Gerakkan anggota tubuh. Seperti kaki, tangan. Gerakkan terus menerus sampai sepenuhnya bangun dari tidur. Cobalah untuk bernafas dengan panjang dan dalam. Tetap tenang dan usahakan jangan berteriak. 

***


Itulah penjelasan medis tentang sleep paralysis. Jadi, menurut penelitian, sleep paralysis tidak ada hubungannya dengan makhluk halus. Namun, dari segi syariat menjelaskan kalau sleep paralysis bisa saja disebabkan karena gangguan setan. Silahkan baca disini.

Apapun itu, sebelum kita tidur ada baiknya untuk berdoa terlebih dahulu. Atau berwudlu sebelum tidur, seperti sunah Rasulullah SAW. 

Yoi, itu sedikit pengalaman saya tentang sleep paralysis. Mungkin dari kalian ada yang pernah mengalami sleep paralysis

Sumber :
http://health.liputan6.com/read/2228531/sleep-paralysis-ketindihan-saat-tidur-yang-bikin-panik
https://www.deherba.com/cara-mengatasi-ketindihan-sleep-paralysis.html
http://nasional.kompas.com/read/2008/09/21/1407118/misteri.di.balik.tindihan

16 comments:

  1. Aku sudah sering ngalamin beginian..
    Ya Allah, masa ke kamar mandi aja masih ditemenin? Tapi gak minta di cebokin sekalian kan?! Eeh..

    Aku malah dalam mimpi si jinnya malah ngikutin bacaan yang ku baca. Serem banget deh.. ckckk

    Iya aku juga kalo tidur terlentang emang sering mengalami hal itu, jadi emang baiknya tidur miring ke kanan sesuai sunnah Rasulullah SAW.

    Iya, lebih baik tetap tenang sambil berusaha menggerakkan anggota badan, jangankan teriak, ngomong aja rasanya tercekat di tenggorokan..

    ReplyDelete
  2. sleep paralysis menurut dunia medis sama dunia mistis emang beda jauh deh penjelasannya.
    gue pernah liat juga penjelasannya di channel yutub yang namanya kok bisa.

    ReplyDelete
  3. berarti penjelasan medisnya ada dong keadaan seperti itu jadi tidak selamanya hal mistis gitu :)

    ReplyDelete
  4. Allow salam kenal kunjungan pertama ni
    kalau penjelsaanya udh pertam nonton di youtube
    tapi walaupun udh tau itu hal normal tapi tetap aja kalau udh kena
    SP udh ketakutan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, selamat datang di blog artis sesat sepanjang masa :D. terima kasih sudah berkunjung,
      iya, bener banget, sampe sekarang masih takut sama sleep paralysis

      Delete
  5. Aku pernah kayak gini sih. Kayak sesek gimana gitu. nggak bisa gerak. Awalnya ngerasa kalau itu tindihan. eh, setelah cari tau lagi, ternyata sleepparalysis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun juga baru tahu kalau ini sleep paralysis, saya emang kudet -_-

      Delete
  6. Memang ada yang bilang itu faktor kesehatan ada juga yang bilang itu ulah makhluk halus. Tapi sepertinya belum ada orang yang celaka pas mengalami ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah, kata orang di daerah saya, lindihen bisa sampe meninggal. entah itu benar atau salahh.

      Delete
  7. nah gue sering banget nih ngalaminya,nakutin banget kayak gini

    ReplyDelete