Thursday, January 22, 2015

Kegagalan !


Beberapa hari yang lalu, ada seorang teman dari kelas lain sebut saja Sinem datang ke kelas saya. Dia datang menghampiri salah satu teman saya (sebut saja Sayem) sambil menangis. Tidak lama kemudian datang satu orang lagi sebut saja Jemblem yang berusaha menenangkan dia. Setelah itu, Sinem, Sayem sama Jemblem nangis bareng - bareng.

Melihat peristiwa itu, saya hanya bisa berdiam diri sambil bengong. Karena saya tidak tahu apa yang terjadi kepada mereka. Saya pengen tanya langsung kepada mereka, tapi niat itu saya urungkan. Karena nanti bisa merusak suasana haru itu.Setelah saya selidiki lebih jauh, ternyata salah satu dari mereka (tepatnya si Sinem) tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam olimpiade salah satu mata pelajaran. Ya, bisa dibilang dia tidak lolos dalam seleksi itu.

Wah, sama dong dengan saya. Saya juga tidak lolos. Iya, tidak lolos lomba makan kerupuk. Huahua.

Nah, apa yang dialami oleh Sinem itu bisa disebut sebagai kegagalan. Siapa yang sudah pernah gagal ? Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya kegagalan. Apa ada orang di dunia ini yang belum pernah mengalami kegagalan ?

Gagal adalah sebuah kata yang sangat ditakuti oleh sebagian orang. Mereka mempunyai keinginan untuk menjadi sukses, tapi takut gagal. Ah, itu payah. Menurut saya, gagal adalah suatu proses untuk meraih apa yang kita cita - citakan. Gagal itu wajar.

Memang sih, kalau kata mereka yang mengalami kegagalan, gagal itu rasanya sangat menyiksa. Badan terasa lemas  seperti sudah tidak bernafas (ini terlalu ALAY), mau berbuat apa - apa rasanya tidak enak. Perut terasa mual, kepala pusing (kalau ini ciri - ciri orang mabuk darat -_-).

Tapi ketika gagal, kita tidak usah larut dalam kesedihan. Buat apa kita menangisi kegagalan kita. Apa yang harus kita lakukan ? Kita harus bangkit. Tanamkan pada diri kita semangat yang baru. Tanamkan pada diri usaha yang baru. Kita harus bangun dari kegagalan. Ada yang mengatakan (saya lupa namanya) bahwa kegagalan bukanlah sebuah kegagalan, jika kita tidak bisa belajar darinya. Maka dari itu, kita harus menjadikan kegagalan sebagai media intropeksi atau menjadi pembelajaran untuk kita.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, gagal adalah suatu proses untuk meraih apa yang kita inginkan. Contoh sederhananya adalah, sewaktu kecil kita belajar naik sepeda. Apakah ketika kita baru belajar naik sepeda, kita langsung bisa mengendarainya dengan baik ? Tidak kan. Sebelumnya pasti kita merasakan sakit ketika terjatuh dari sepeda berulang kali. Walaupun kita sudah berulang kali jatuh, apakah kita menyerah begitu saja ? Tidak. Kita bahkan masih berusaha untuk bisa mengendarai sepeda itu, meskipun akan jatuh lagi. Namun lama kelamaan, setelah belajar cukup lama kita sudah bisa mengendarai sepeda dengan baik. Diawal memang gagal, namun kita bisa memetik hasilnya di kemudian hari.


Setiap kegagalan yang kita alami, pasti di dalamnya ada sebuah hikmah yang bisa kita petik. Jika kita sudah memulai sesuatu, namun kita gagal janganlah menyerah atau berputus asa. Karena kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan.. Thomas Webson mengatakan, ”Bila kau ingin meningkatkan kesuksesan kamu, maka tingkatkan juga angka kegagalan kamu”. Silahkan kalian cerna sendiri makna dari kalimat itu.

Banyak kok orang yang sekarang bisa dibilang "sukses" namun dulunya juga mengalami kegagalan berulang kali. Ini adalah beberapa contoh nya :

  • Bill Gates. Gates tidak terlihat akan menjadi orang sukses setelah drop-out dari Harvard dan mulai gagal saat menjalankan bisnis pertama bernama Traf-O-Data. Bisnis itu gagal total namun kemudian ia mulai mengembangkan bisnis selanjutnya yang hingga sekarang dikenal masyarakat dunia, Microsoft.
  • Albert Einstein. Sekarang Einstein merupakan simbol sebuah kejeniusan meskipun dulu ia tidak menampakan hal tersebut. Eisntein tidak bisa berbicara sampai usia 4 tahun dan tidak bisa membaca sampai usia 7 tahun. Hal ini telah membuat guru dan orang tuanya berpikir Einstein adalah anak cacat mental dan anti sosial. Hingga pada akhirnya dia dikeluarkan dari sekolah dan ditolak saat pendaftaran di Politeknik Zurich. Sekarang, Eisntein telah merubah wajah fisika modern.
  •  Thomas Edison. Di masa mudanya, seorang guru mengatakan bahwa ia terlalu bodoh untuk bisa mengerti banyak hal. Di dunia karir, Edison juga tidak bernasib baik, ia dipecat dari dua pekerjaan pertamanya karena dianggap tidak produktif. Bahkan sebagai seorang penemu, ia telah membuat 1000 percobaan gagal sebelum menemukan bola lampu. Tentu saja, semua kegagalan tersebut pada akhirnya menghasilkan sebuah desain bola lampu yang berfungsi dengan baik.
  • Oprah Winfrey. Oprah dikenal sebagai salah satu ikon wajah dunia televisi sekaligus salah satu wanita paling kaya dan sukses di dunia. Oprah mengalami masa kecil yang sangat sulit dan kegagalan di dunia karir termasuk pemecatannya sebagai reporter televisi karena dianggap tidak cocok untuk televisi.
  • Walt Disney, awalnya dipecat karena "kurang imajinasi dan tdk punya ide". Bisnis awalnya juga bangkrut. Akhirnya berhasil membangun kerajaan hiburan yang penuh imajinasi 
  • Ludwig van Bethoven. Di usia remajanya, Beethoven muda sangat merasa canggung dengan sebuah biola dan bahkan terlalu sibuk membuat komposisi lagu dibandingkan latihan memainkan biola tersebut. Gurunya pun merasa patah semangat dan yakin bahwa ia tidak akan pernah sukses dengan biola ataupun mengarang lagu. Beethoven tetap pada keputusannya dan menciptakan beberapa lagu simponi terbaik sepanjang masa dimana 5 diantaranya diciptakan saat dia berada dalam kondisi tidak dapat mendengar.
  • J.K Rowling. Rowling mungkin identik dengan Harry Potter sekarang. Namun sebelum karyanya terbit dia merupakan orang yang depresi berat, single parent yang mencoba membesarkan anak sendirian bersamaan dengan sekolah dan menulis novel. Rowling menggantungkan biaya hidupnya dari bantuan sosial. Dalam kurun waktu 5 tahun ia telah berubah menjadi salah satu wanita terkaya  di dunia berkat ketekunan dan kerja keras yang ia dedikasikan.
Itulah beberapa contoh orang sukses yang dulunya banyak sekali mengalami kegagalan. Dari situ dapat kita lihat bahwa kesuksesan tidak mudah untuk kita raih. Kesuksesan membutuhkan kerja keras, ketekunan. Dan salah satu tahap yang harus kita lewati untuk menjadi sukses adalah kegagalan.Orang yang gagal adalah orang yang mau mencoba. Lebih baik mencoba namun gagal, daripada tidak mencoba sama sekali.

So, janganlah takut akan kegagalan. Karena dibalik kegagalan ada pelajaran yang bisa kita petik.Belajarlah dari orang - orang sukses itu. Mereka gagal, tapi tidak menyerah begitu saja. Mereka terus berusaha. Justru ketika kita gagal, kita harus berusaha lebih keras untuk membuktikan ke semua orang bahwa kita bisa ! Ya, kita pasti bisa !

Kalau bang Indrawidjaya di bukunya yang berjudul "IDOL GAGAL" mengatakan bahwa semua kegagalan adalah batu pijakan yang bisa ditumpuk - tumpuk untuk membantu kita naik ke "atas" meraih cita - cita.

Dan Agnes Pratiwi Puspanagari calon Artis Papan Atas mengatakan, hidup gak bakal seru kalau tidak ada gagal.

Bagaimana ? Masih takut gagal ? Ingin menjadi orang sukses ? Mari kita habiskan dulu jatah gagal kita.

Saya Mario Tegang Agnes Pratiwi Puspanagari pamit ! Salam super ! -man..

15 comments:

  1. Kegagalan, sebuah kesuksesan yang tertunda. tapi kalo gagal terus ya keterlaluan itu mah.
    Ditunggu balasan Liebster Award dari saya ya. Cek di sini http://estolagi.blogspot.com/2015/01/liebster-award.html

    ReplyDelete
  2. Ngomongin soal kegagalan. Emang banyak orang yang takut sama satu kata ini. Cuman, bukan gue orangnya. Gagalnya gue, selalu jadi jalan bagaimana yang terbaik akan hadir.

    Salam kenal, ya. Dari tulisanwortel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener banget, dibalik kegagalan pasti ada hikmah yg bisa kita dapat

      Delete
  3. Namanya juga mau sukses, ya harus gagal dulu. Tergantung kita sendiri mampu atau menyerah disaat kondisi seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, jangan menyerah jika kita gagal. karena kegagalan yg sebenarnya adalah ketika kita berhenti mencoba *sok banget bahasa saya :v*

      Delete
  4. yap. kadang KEGAGALAN emang harus dirasakan, gimana kita bisa menentukan rasanya sebuah KESUKSESAN kalo kita gak pernah tau rasanya GAGAL?

    ReplyDelete
  5. kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda -- quote klasik

    ReplyDelete
  6. Kalo kata Pak Dahlan Iskan begini kira2
    "tiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu selagi masih muda"

    nice post (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, berarti untuk menghabiskan jatah gagal itu kita harus nencoba dan terus mencoba.

      Terimakasih

      Delete
  7. Saya setuju, kita harus gagal duru, baru bisa sukses, dari kegagalan itu juga kita bisa belajar, biar nggak salah lagi ke depannya ya kan ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, mungkin gagal adalah syarat mutlak untuk sukses, wkwk

      Delete