Thursday, April 24, 2014

Fenomena Foto Selfie

Berjumpa dengan saya Artis Papan Atas dengan cerita yang sedikit ngawur, semoga anda terhibur dan semoga anda tidak kabur. Baiklah kita akan membahas fenomena foto selfie yang populer akhir - akhir. Tau kan apa itu foto selfie ? Pasti tau dong. Foto selfie itu foto yang diambil diri sendiri atau tanpa bantuan orang lain. Atau foto pake tangan sendiri bukan tangan orang lain. Atau apalah terserah.

Kata "selfie" itu sendiri sebenarnya kata lama. Namun lebih populer pada akhir - akhir ini. Ya, benar selfie memang populer sekarang ini. Hampir semua kalangan sering berfoto selfie. Mulai dari bayi baru lahir, balita, anak, abege, bapak bapak, ibu ibu, kakek, nenek sekalipun. Begitu fenomenalya sekarang.

Sampai - sampai Presiden AS Barack Obama tertangkap kamera saat berfoto selfie. Saking fenomenalnya, kata "selfie" masuk daam Oxford Dictionaries (Kamus Oxford).

Sebenarnya apa yang membuat mereka suka dengan foto selfie ? Nah, saya sudah melakukan penelitian (cielah) dan bertanya mengapa mereka suka dengan foto selfie. Korban dari penelitian ini adalah beberapa teman saya satu kelas, wkwk.Ini dia ALASAN kenapa mereka doyan foto selfie, cekidot!
  • Pertama
    foto selfie Nama : Ayu Kurnia Aini
    Nama beken : putri solo, ibun
    TTL : Madiun, 31 Desember 1997
    Zodiak : Capricon
    Hobi : Travelling, shoping
    Motto : Semua pasti indah pada waktunya
    Ciri - ciri : Hidung sedikit mancung, mata bulat bukan kotak, rambut (ga tau), kulit bisa dibilang rada putih :D, punya gigi punya alis, punya bulu mata,yang lain cari sendiri :D
    Alasan : Biar orang lain bisa lihat kalau sebenarnya dia
    manis (pede amat:D)                                                                                       
    • Kedua
    foto selfie
    Nama : Fortunella Fistha Permadani
    Nama beken :Nella
    TTL : Madiun, 12 Maret 1998
    Zodiak :Pisces
    Hobi: Makan
    Motto: Hidup untuk Mati 
    Ciri - ciri: Hidung mini, muka bisa dilihat pada gambar, rambut hitam panjang, mata bulat, punya alis,punya bulu mata, punya gigi, dan lain sebagainya 
    Alasan : Karena hobi, ingin menjadi model or artis,bisa mengungkapakan ekspresi melalui foto
    • Ketiga
    foto selfie
    Nama : Rosita Desi Legianti
    Nama beken : Ochi
    TTL : Madiun, 12 Desember 1998
    Zodiak : Sagitarius
    Hobi : Bersepeda, travelling
    Motto : Menjadi lebih baik itu harus ! 
    Ciri - Ciri : Hidung bisa dibilang mancung, rambut keriting,mata bulat, badan medium, kulit bisa dilihat pada gambar, muka lonjong, punya alis , dan lain
    Alasan : Karena berfoto bisa mengekspresikan diri kita

    • Keempat
    foto selfie Nama : Defi Putri Pratiwi
    Nama beken : Demplon
    TTL : Madiun, 29 Juni 1998
    Zodiak : Cancer
    Hobi : Bersepeda
    Motto : Hidup untuk berfoto !
    Ciri - ciri : Body melebihi kurus (sedikit melar :D), rambut lurus dan hitam, hidung seperempat mancung, wajah semi bulat, mata bulat,dan sebagainya
    Alasan : Berfoto sebagai hiburan, biar keren, meniru teman

    • Kelima
    foto selfie
    Nama : Langen Dian Pertiwi
    Nama beken : Langen, Lenjen
    TTL : Ngawi, 18 Mei 1998
    Zodiak :Taurus
    Hobi : Menyanyi, jalan - jalan, basket
    Motto : Hidup untuk mati dan sukses
    Ciri - ciri : Hidung bisa dilihat pada gambar, muka bisa dilihat pada gambar, sering nyanyi didepan kelas, hyperaktif (maybe), punya alis,mata bulat, dan lain lain.
    Alasan : Karena hobi, foto bisa menghilangkan stress

    • Keenam
    foto selfie
    Nama : Rachmalla Dwilatul Vatana
    Nama beken : Malla
    TTL : Madiun, 16 November 1997
    Zodiak : Scorpio
    Hobi : Listen music
    Motto : Hidup untuk berusaha dan berdo'a
    Ciri - ciri : Body slim, wajah lonjong, hidung mancung(mungkin), mata bulat, orang yang sangat amat kalem yang mendalam :v, orangnya pintar
    Alasan : Tergantung mood (singkat, jelas dan padat :D)



    Nah, itu dia. Segitu aja sampelnya. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan kalau berfoto itu hobi, sebagai hiburan, penghilang stress, dan sebagainya.

    Menurut saya pribadi sih, saya kurang suka dengan foto selfie. Karena hasilnya rata - rata tidak bagus. Entah yang tidak bagus itu kameranya atau mukanya , wkwk.

    Tapi, menurut saya itu juga tergantung orangnya. Ada yang menyebutkan kalau foto selfie juga merupakan hobi. Itu memang wajar menurut saya. Kan hobi masing - masing orang berbeda - beda. Ada hobi yang wajar, unik, sampai yang aneh pun ada.

    Menurut pendapt saya juga, foto selfie yang tiap hari diupload di dunia maya itu terkesan ALAY. Mungkin tidak terkesan ALAY jika foto yang diupload masih dalam batas. Saya sering menemui di sosmed, teman - teman saya ada yang upload 5,6 foto bahkan lebih dalam sehari dan itu setiap hari, ckckck.

    Bisa dibilang kurang kerjaan memang. Menurut saya, daripada harus foto tiap detik, tiap menit, tiap jam, tiap hari, mending waktu yang longgar kita manfaatkan sebaik - baiknya. Karena waktu tidak akan pernah terulang kembali #sokbijak.

    Oh, iya ada psikiater yang bilang kalau foto selfie merupakan gejala gangguan mental. Juga ada beberapa orang yang banyak mengorbankan uang ratusan juta agar terlihat cantik saat foto selfie Kalau saya sih uang segitu mending buat makan. Foto selfie juga mengakibatkan kesehatan menurun. Bahkan ada remaja yang ingin bunuh diri karena hasil dari foto selfienya tidak bagus. Walaupun foto selfie saya tidak bagus, tapi untungnya saya tidak mempunyai keinginan untuk bunuh diri, wkwk.

    Yah, kalau yang hobi foto selfie ya jangan terlalu sering lah. Paling tidak setahun sekali itu sudah cukup. Yang tidak suka foto selfie, ya jangan terlalu membenci. Karena benci dan cinta itu ibarat koin yang bisa dibalik dengan mudah. Mungkin pertama anda tidak suka, namun lama kelamaan mungkin anda bisa kecanduan dengan foto selfie. So, berhati - hatilah.
    Sebelum saya akhiri sebaiknya foto selfie dulu  saya ucapkan hamdalah terlebih dulu. Alahamdulillahhirobbil'alamin. wkwkk..
    Baiklah saya akhiri, sekian dan terimakasih :)

      12 comments:

      1. Sampelnya kelihatan cantik cantik ya.. atau memang cantik beneran.. Tapi semenjak ada foto edit otomatis jadi banyak yang keliatan mendadak cantik.. huahahaa...

        Istilah koinnya oke bingit.. :D

        ReplyDelete
      2. selfie pakai aplikasi biar tambah cuantikkk.. trus angel foto nya agak dari atas. jadi kelihatan kurus. hahaha

        ReplyDelete
      3. Anehnya kalau ane yg foto selfie jadinya enggak karuan ya mbak :-/
        kalau para cew foto selfie hasilnya bagus bagus padahal..
        huhuhu..

        ReplyDelete
      4. BOlehlah kenalin satu itu temennya :D jaahaha

        ReplyDelete