Saturday, March 9, 2013

Genre Musik Yang Banyak Digemari (Musik Pop)

pop_most_wantedDari sekian banyak jenis aliran musik yang telah “disediakan” oleh para musisi, musik pop boleh jadi menjadi jenis aliran musik yang paling banyak memiliki peminat. Musik pop memiliki ciri khas berupa musiknya yang easy listening dan memiliki lirik yang komersial.
Selain sederhana dalam lirik dan musik yang cenderung bertemakan hal-hal komersial, keistimewaan lain yang dimiliki oleh musik pop adalah penggunaan berbagai inovasi teknologi untuk menunjang musiknya. Misalnya proses mixing yang dapat menghasilkan nada-nada yang enak didengar dan lebih bervariasi. Hal-hal itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa musik pop banyak digemari, terutama oleh para remaja.
Musik pop sebenarnya salah satu genre musik yang merupakan bagian dari musik populer. Musik populer sendiri adalah musik yang tidak terbatas pada satu jenis aliran tertentu. Kriteria utamanya adalah bagaimana jenis aliran musik itu dapat populer dan digemari. Itulah sebabnya mengapa musik pop sering diidentikkan dengan musik populer. Padahal musik pop dan musik populer itu adalah dua hal yang berbeda.
Seperti halnya musik-musik lain yang saling memengaruhi, musik pop pun demikian. Musik pop banyak dipengaruhi oleh “anggota” dari musik populer lainnya. Seperti, gabungan antara genre musik rock, jazz, blues, reggae, Rhythm and blues, rock and roll, tradisional dan lain-lain.
Pada tahun 60an, beberapa seniman termasuk Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, Sonny dan Cher, Aretha Franklin, dan The Beatles. Mencampurkan berbagai elemen yang dikombinasikan untuk menciptakan easy listening musik pop. Tahun 70-an melihat disko dan rock bergabung dalam dekade ini, yang mencakup beberapa favorit seperti Earth Wind & Fire, The Jackson Five, Rod Steward, ABBA, Donna Summer, Elton John, dan Billy Joel.
Musik pop terus tumbuh dengan cara yang berbeda dengan seniman yang berbeda di setiap dekadenya dan menjadi salah satu genre yang paling dicari sampai saat ini. Tentu saja tahun 80an pun tidak berbeda, dekade ini menghasilkan Raja dan Ratu Pop, yang dikenal sebagai Michael Jackson dan Madonna.
Selama tahun 90-an, pop mulai menggabungkan unsur-unsur genre R & B, yang menghasilkan bintang-bintang seperti TLC, Celine Dion, Mariah Carey, dan Brandy. Namun, pengaruh rock masih tetap dengan vokalis seperti Jewel, Nirvana, Eric Clapton, Tori Amos dan Madonna pernah fleksibel. Tentu saja kita tidak bisa melupakan favortes 90an seperti NSYNC, Ricky Martin, New Kids on The Block, Willa Ford, dan Britney Spears. Dan dekade saat ini telah melihat musik pop dikombinasikan dengan banyak unsur, yang menghasilkan skor bakat baru.
Selama bertahun-tahun musik pop telah berubah dalam banyak sisi, bagaimanapun, satu hal tetap sama, tetapi masih merupakan genre musik yang paling populer sampai saat ini, suatu fakta yang tetap kokoh dan benar selama beberapa dekade.

4 comments: