Sunday, December 4, 2016

Homesick

homesick
 "Homesick adalah suatu keadaan dimana Anda merasakan suatu kegelisahan yang mendalam dikarenakan jauh dari lingkungan rumah, jauh dari keluarga, dan jauh dari pacar"

Yuhuuu....welcome back again with me, Artis Papan Atas yang luar biyasah, cetar membahana badai halilintar...........!!!!!!!!!!!!!! Apaan si--"

Sudah lama banget ga ngurus ini blog. Sekalinya buka blogger.com, eh tampilan udah berubah. Baru tahu kalau tampilan blogger sekarang berubah. Itu sejak kapan sih, udah lama ya? Maklum, jarang buka blog. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tampilan blogger. Melainkan saya akan membahas sesuatu yang sering banget dirasakan oleh anak rantau, yaitu HOMESICK. Hmm...apa itu  homesick ? Kalau menurut pendapat saya, ya seperti yang saya tulis diatas itu, kecuali yang terkahir ya, wkwk. Pacar aja gapunya -__-. 

Dulu saat masih SMA, gak pernah sekalipun merasakan ataupun membayangkan homesick itu seperti apa. Saat SMA, pengen cepet - cepet  lulus dan merantau sejauh - jauhnya. Dulu bayangan saya, jauh dari orangtua itu enak, bisa bebas, dan saya dulu sangat yakin pasti bisa menghadapi kerasnya hidup walau tanpa orangtua. #lebay.

Namun semua khayalan - khayalan itu  tidak ada artinya lagi ketika saya sudah merasakan sendiri bagaimana hidup tanpa bantuan orangtua. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan saat masih duduk di bangku SMA. Beda banget dah sama kehidupan saya dulu. Misal soal makan. Dulu gak ngapa - ngapain, duduk manis, makanan sudah tersedia di meja makan. Lah sekarang, kalo gak ngapa - ngapain, cuma bengong di kos, makanan gak bakal datang dengan sendirinya. Kecuali kalau saya punya kantong ajaibnya doraemon.

Kalau pengen bisa makan hanya ada dua cara. Yang pertama adalah masak sendiri. Dan yang kedua adalah beli makan di warung. Untuk yang pertama itu adalah kendala yang sangat berat bagi saya. #cielah. Soalnya saya ga bisa masak. Parah banget  kan perempuan ga bisa masak. Pernah deh dulu pas awal - awal nge kos, saya pernah masak sendiri. Waktu itu masak tumis tempe. Saya ingat - ingat tutorial memasak tumis yang diajarkan oleh mama. Setelah selesai, saya melihat dan menyelidiki tumis tempe yang saya buat. Kok hasilnya aneh gitu, aromanya pun enggak harum seperti yang dibuat mama saya. Bahkan warnanya agak gosong - gosong gimana gitu. Lalu tumis itu saya foto dan saya kirim ke mama. Beberapa saat kemudian, mama bales chat saya. Kata mama, itu gara - gara saya gak pake air pas masak. Oiya, bodo banget, sampe lupa kasih air. Pantesan hasilnya gosong kayak gitu -___-.

Setelah kejadian itu saya tidak pernah masak lagi. Nyerah. Haha. Ntar deh pas pulang belajar masak lagi. Masa calon Ibu ga bisa masak. #uhuk. Itu baru soal makan. Belum lagi  yang lain, misal nyuci, setrika, ngepel, nyapu, dan lain sebagainnya. Itu semua kita lakukan sendiri. Kalau dulu pas di SMA, tugas saya hanya belajar (kalo gak males) dan rumah sudah ada yang ngurus. Tapi sekarang harus pinter - pinter dalam membagi waktu antara belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah kos.

Balik lagi ke homesick. Pernah ga sih ngerasain gelisah yang amat dalam ? Apalagi pas ga ada kerjaan atau GABUT. Pokoknya mau ngapa - ngapain rasanya gak enak. Nafsu makan berkurang, diajar dosen gak fokus, tidur gak nyenyak, badan meriang, panas dalam dan bibir pecah - pecah. #inilebaybangetdah.  Apapun yang kita lakukan rasanya ada yang aneh gitu . Dan bawaannya selalu keinget rumah. Kangen suasana rumah, kangen makan bareng, kangen cerita sama keluarga, kangen liburan bareng, dsb. Suasana seperti ini ditambah backsound Home-nya Michael Buble kayaknya lebih cucok.

Aaaa.....! EMAK!! Bawa akuh pulang !!!

*abaikan.

Saat homesick melanda, saya pengen teriak. Tapi kalo teriak, saya kasihan sama penghuni kos yang lain. Pasti telinganya iritasi. Secara lah, saya kan punya suara yang cukup menggelegar. Yah sebelas duabelas sama Agnezmo. Saya heran deh sama temen - temen yang jauh banget dari tempat kuliah saat ini (UB). Ada temen saya yang dari Sumatera, Kalimantan, Papua, ya pokoknya ada dari Sabang sampai Merauke. Mereka kalau homesick kayak apa ya rasanya ? Saya aja yang jarak rumah sama tempat kuliah gak jauh - jauh amat (ditempuh -+ 5 jam) sering banget kangen rumah. Mereka gimana ya rasanya ? Salut dah sama mereka.

Tapi saya juga bisa mengambil hikmah akibat homesick. Saat homesick, saya semakin mendekatkan diri pada ALLAH SWT. Cielah. Karena Dia yang membuat hati kita gelisah. Dia juga yang mengobati kegelisahan itu. Tumben religius, Nes. 

Saya pengen tahu nih, gimana cara kalian mengatasi homesick ? Apa saja yang kalian lakukan saat homesick melanda ?

Yakk untuk postingan selanjutnya Insyaallah saya akan nulis "Cara mengatasi homesick". Mudah - mudahan ada waktu di sela - sela ngoding program yang membuat pusing tujuh keliling, hahag. Sumpah deh, baru semester 1 loh ini. Tugasnya udah super wow! Yaudahlah nikmatin aja, namanya juga kuliah.

Oke, Artis Papan Atas pamit !!!

28 comments:

  1. Kita sama mbak.. Kalo homesick gene pengennya foya2, tp apa daya, meskipun masih dalam tgl muda, tetep aja ihnilfulus.. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, uangnya ditabung aja, ntar pas homesick baru dipake buat foya2 haaha

      Delete
  2. Saya pikir homesick itu rumah sakit
    Tempat dimana orang2 jadi pasien terus diperiksa sams dokter terus beli obat
    .
    Terus gimana kalo g bisa masak neng?
    Maaf y neng, neng tereleminasi dari calon istri abang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan rumah sakit pak -_-
      wadaw, yakin dieleminisai? ntar kalo udah bisa masak gimana ? awas nyesel lo wkwkwkwkwkkw

      Delete
  3. Ciehhh yang sibuk syuting kakakkakakka
    Nikmatin aja pas lagi kangen rumah. Ntar pas balik rumah bakalan terasa banget nikmatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi sepi syuting nih wkwk
      hahahg iya deh aku mencoba menikmati walaupun terpaksa :D

      Delete
  4. saya justru pernah mendapat keanehan dari kata homesick mba.. di rumah sakit di kota saya, kartu parkirnya bertuliskan homesick yang artinya rumah sakit bukan homesick yang mba maksud. padahal bahasa inggrisnya kan hospital. haha

    ReplyDelete
  5. hal yang manusiawi terjadi ketika kita baru saja menginjakkan kaki di tempat yang baru dan asing, sebab jika tidak mengalami homesick, berarti kita tidak manusiawi dan artinya kita bukanlah manusia....ehh

    ReplyDelete
  6. ASIKK! ARTIS PAPAN ATAS COME BACK!!!!
    Dari mana aja nes, kok baru nulis lagi, trakhir saya ngeliat kmu ngepost video dokumenter bgitu. Mmng sibuk bikin video?

    Skarang malah nulis tntang homesick, sungguh aku tidak bisa mnebak kesibukan kamu akhir2 ini. Awal2 mmng bgitu nes, pasti rindu kmpung halaman, apalagi rumah, bawaannya mau pulang cpet. Tpi ya, sma sperti yg agnes bilang, jalanin aja dulu~

    Bdw, smoga mkin rajin ya nulisnya nes. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahag sebenarnya cuma sibuk kuliah aja sih, banyak tugas gitu.
      iya nih, apalagi pas awal banget nge kos, homesick parah banget
      amin... moga saya makin rajin, trus malesnya juga ilang wkwk

      Delete
  7. Homesick tuh yah bikin perasaan jadi manusia paling sendirian di dunia padahal banyak orang di sekeliling. Tapi karenanlagi homesick ya bawaannya sepi aja gitu...
    ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, ngerasa sepi, udah gelisah jomblo lagi :D

      Delete
  8. wiss ngoding mba, kira kira jurusan apa yaa, Teknik Informatika apa gimana nih?

    ReplyDelete
  9. homesick ... ada enak dan ada nggak enaknya emang

    ReplyDelete
  10. Ijin Share & Promot Min :

    [WORO-WORO] ~ ( >>> PokerGT.com <<< ) Adalah Master Agen Gaple Online Terbesar, Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia
    Dengan Pengalaman Di Dunia Gaple Lebih Dari 5 Tahun Serta Telah Melayani Ratusan Bahkan Ribuan Pelanggan Setia Yang Tersebar Di Seluruh Indonesia.
    Pelayanan Cepat Dan Online 24 Jam Nonstop, Proses Depo Dan WD Paling Aman Dan Sangat Cepat.
    Ayo Tunggu Apa Lagi Segera Gabung Bersama Dan Menjadi Salah Satu Bagian Dari Kami Di ( >>> PokerGT.com <<< )
    Dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Anda Sudah Bisa Bertaruh Dalam Meja Dan Memungkinkan Anda Mengumpulkan Poin Untuk Mendapatkan Hadiah Special Yang Sudah Kami Sediakan Untuk Anda.
    ( >>> PokerGT.com <<< ).

    ReplyDelete
  11. jan homesick mulu ntar rambutmu botak

    ReplyDelete
  12. Kangen emak. Cara mengatasi home sickny ok. Tp foya2ny te aya duit.

    ReplyDelete
  13. Ijin Share & Promo :

    BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete