Sunday, May 18, 2014

Tentang Kreatif

Pada awalnya saya tidak percaya dengan kreatif. Menurut saya kreatif itu tidak dibutuhkan. Saya mengira kalau yang dibutuhkan di dunia ini hanyalah orang pintar saja.

Untuk menjadi orang sukses, yang dibutuhkan adaah pintar. Karena dari kecil mungkin sudah tidak asing lagi ketika orang tua kita mengatakan seperti ini :

"Sekolah yang pintar, nanti biar jadi orang sukses".

Atau kata - kata lainnya yang mendorong kita untuk menjadi orang yang pintar. Dan katanya, kalau jadi orang pintar itu mudah dalam mencari pekerjaan kelak.
Sebenarnya tidak hanya orang tua saja yang mengatakan seperti itu. Banyak orang - orang disekeliling kita mengatakan hal yang sama. Secara otomatis hal yang dibilang tadi akan melekat pada diri kita. Dan kita mungkin akan berusaha untuk menjadi apa yang diinginakan orang tua kita. Teori ini saya yakini dari kecil.

Dan ketika SD, saya menganggap diri saya tidak kreatif dan tidak bisa menjadi orang yang kretaif. Hal ini terbukti ketika disuruh untuk menggambar pasti hasilnya jelek. Juga ketika disuruh untuk membuat sesuatu dari barang barang bekas atau kerajinan tangan lainnya, saya tidak bisa dan pasti dibantu sama orang tua. Dan sejak itu, saya memtuskan bahwa saya tidak bisa menjadi orang yang kreatif. Tapi saya juga tidak pintar. (lha truss ??). Memang waktu itu saya menganggap kalau kreatif itu hanya dibidang seni. Tapi itu salah, kreatif itu dibutuhkan dalam berbagai bidang.

Sampai akhirnya ketika SMP, saya sering menjelajah internet. Sebenarna saya sering menjelajah sejak SD. Namun ketika SMP, baru saya menyadari internet adalah hal yang sangat penting. Saya sering mencari hal - hal baru yang jarang diketahui orang lain. Dengan internet dunia terasa sempit. Kita bisa mengetahui hal - hal apapun di dunia. Dan tentunya dengan internet kehidupan manusia akan sangat terbantu.

Dari internet, saya sering download video, artikel, e-book atau apapun itu untuk membantu memperoleh informasi yang lebih luas. Saya sering download video video dari youtube ketika jenuh dengan acara televisi yang semakin membosankan. Dari situlah saya mengetahui banyak sekali youtuber di Indonesia bahkan di dunia. Saya sangat kagum akan ke-kreatifan mereka. Dalam hati saya berkata "kok bisa ya mereka seperti itu? bisa menemukan ide ide baru".

Dan youtubers tersebut membuat video sesuai bidangnya masing - masing. Mungkin yang pintar memainkan alat musik sama nyanyi akan meng-cover lagu dari beberapa penyanyi. Yang suka komedi akan membuat video tentang komedi. Ada juga yang membuat video tutorial tentang suatu hal. Entah itu bidang teknologi, fashion, dan masih banyak lagi. Para youtubers tersebut bisa terkenal karena ke - kreatifan mereka. Juga banyak blogger yang terkenal akibat tulisan - tulisan mereka. Dan bisa menghasilkan uang dari blog tersebut dan menjadikan aktifitas blogger sebagai pekerjaan utamanya.Namun, saat itu saya belum sadar kalau kreatif itu dibutuhkan. Saya hanya sekedar kagum.

Sampai akhirnya ketika SMA, saya menemukan titik gelap terang (cielah). Ketika itu saya dan teman saya sedang frustasi akibat pelajaran fisika. Dan kami membuat kalimat yang berbunyi : "Dunia tidak butuh orang pintar, tapi butuh orang kreatif".

Kata - kata itu sebenarnya salah. Namanya juga orang frustasi, jadi mengeluarkan kata kata seadanya , wkowkwo. Kreatif itu memang dibutuhkan, tapi ilmu juga dibutuhkan. Jadi, kalimat tadi sekarang berubah menjadi : "Dunia tidak hanya butuh orang pintar, tapi juga butuh orang kreatif"

Menurut saya dalam diri seseorang harus ada 50% ilmu dan 50% lagi kreatifitas. Orang yang kreatif tanpa ilmu itu bagaikan orang melangkah dalam kegelapan. Dan begitu juga sebaliknya, orang yang berilmu tanpa kretaif itu sangat percuma.

Misalnya begini, seseorang sedang belajar progammer secara teori, tapi tidak mepraktekkan ilmunya tadi untuk membuat program - program secara langsung, itu buat apa ? Jadi ilmu dan kreatif adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Kreatif adalah anugerah Tuhan. Semua orang pasti memilikinya. Namun, bidangnya berbeda - beda. Tapi mungkin banyak orang yang belum tahu mereka kreatif dalam bidang apa (*termasuk saya). Memang manusia kadang tidak sadar terhadap potensi yang dimilikinya, sebelum mau mencoba. Oleh sebab itu, saya selalu mencoba hal - hal yang baru siapa tahu itu cocok dengan diri saya. Namun ketika gagal, saya masih mencoba, dan ketika sudah mencoba dan itu gagal lagi mungkin itu bukan jalan kita (putus asa -___-).wkwk.

Kreatif itu ada dalam berbagai bidang. Kita dapat menemukan ide - ide dimana saja dan kapan saja.

"Creativity never Sleeps"

Jadi, jika kita belum mengetahui potensi kita, jangan pernah ragu utnutk mencoba. Dan tetap berjuang.
Kesimpulannya, ternyata kreatif juga sangat dibutuhkan selain pintar
Baiklah, sekian :)

No comments:

Post a Comment