Sunday, April 27, 2014

Bukan orang lain !

Halo kawan ! Selamat pagi ! Semangat pagi ! Minggu pagi ! 
Baiklah, sekarang saya akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan sekolah. Mungkin saya hari ini lagi bener. Atau kesambet sama makhluk halus, makhluk kasar, atau apalah. 
Mungkin sebagai pelajar mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya "belajar" (ya iyalah). Juga dalam belajar pasti ada saingannya. Entah itu saingan di dalam kelas, sekolah, atau lainnya. 
Tapi prinsip saya dalam bersekolah atau dalam belajar yaitu : "Musuhmu bukan orang lain, tapi dirimu sendiri !"
Maksudnya begini. Hampir semua pelajar menganggap orang yang lebih pintar itu sebagai saingannya. Sebenarnya saingannya itu bukan orang lain tapi dirinya sendiri (nyambung ga sih ?). Misalnya si A melihat si B itu lebih pintar darinya. Dan si A mencoba untuk belajar dengan sungguh - sungguh agar bisa menyaingi si A. Namun kemauan si A dalam belajar ini dipengaruhi oleh si B, bukan dari dirinya sendiri. 
Contoh lain, ada seorang anak yang bisa dibilang lumayan pintar. Dan ia juga mendapatkan nilai bagus. Tapi, setelah tau ada anak yang mendapatkan nilai yang ebih bagus darinya, dia mungkin akan merasa marah, kecewa, dan lain sebagainya (woles aja berooo :D).
Musuh kita sebenarnya itu bukan orang lain tapi diri kita sendiri. Dalam arti begini, kita harus melawan diri kita sendiri untuk memberantas kemalasan dalam belajar. Jadi, kita harus memaksa diri kita untuk belajar dan terus belajar agar mendapat nilai yang bagus. 
Jika kita belajar dengan sungguh - sungguh, secara otomatis nilai kita juga bagus. Simple bukan ? 
Namun, ketika kita sudah mencoba belajar dengan sungguh - sungguh, namun ada teman kita yang mendapat nilai lebih bagus, yah anda harus ikhlas :D. Itu salah kita sendiri. Karena mungkin kita kurang berusaha. 
Jadi, jangan menganggap teman kalian itu saingan. Itu teman. Teman ya teman, bukan saingan. Walaupun saya sering menyebutkan kalau beberapa teman - teman saya ada yang pintar, namun saya tidak menganggap itu sebagai saingan saya. 
Pokoknya kunci utama untuk memperoleh nilai bagus itu ya belajar dengan sungguh - sungguh dan juga jangan lupa berdo'a. Jangan hiraukan ada orang yang lebih pintar dari kita. Dan jangan menganggap itu sebagi saingan kita. Karena saingan kita yang terberat itu diri kita sendiri.
Ingat ! Musuhmu bukan orang lain, tapi dirimu sendiri !
Sekian ....:)
#turundaripanggung :D

 



No comments:

Post a Comment